PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM

Oktaviandri Oktaviandri

Abstract


Hasan al-Banna adalah seorang tokoh pembaru atau modernis dalam dunia Islam. Beliau dikenal sebagai tokoh pembaru, tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi juga dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan kemasyarakatan. Hasan al-Banna memiliki gagasan bahwa kejumudan umat Islam disebabkan kesalahan dalam bidang pendidikan. Menurut Hasan al-Banna, Allah telah menjadikan akal manusia sebagai faktor yang dominan dan untuk itu manusia diperintahkan untuk meneliti, menganalisa, dan berpikir. Oleh karena itu, dalam pemikiran Hasan al-banna, proses pendidikan yang dibutuhkan adalah bagairnana rnengupayakan agar dapat mengoptimalkan penggunaan daya pikir pada anak didik. Sebab, dengan proses pendidikan yang mampu mendorong terciptanya kekuatan daya pikir dan rasa tersebutlah yang dapat menciptakan anak didik memiliki kualitas yang tinggi dan siap dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Keywords


Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abd. al-Aziz, Jam’ah Amin, Fahm al-Islam fi Zhilal al-Isyrin li al-Imam Hasan al-Banna, Iskandariah: Dar al-Da’wah, 1993

____________, Manhajul al-Imam al-Banna: ats-Tsawaabit wal Mutaghayyirat. Terj. Tate Qomaruddin, Bandung: asy-Syamil Press & Grafika,1999

Abd. al-Aziz, Shahih, al-Tarbiyah al-Haditsah Maddatuha, Mabadi’uha, Tathbiqatuha al-Amaliyah (al-Tarbiyah wa Thuruq al-Tadris), Kairo: Dar al-Maarif, 1119 H

ꞌAssaf, Muhammad, Ma’a al-Imam al-Syahid Hasan al-Banna, Kairo: Maktabah ‘Aini, 1996

Aulia, Muhammad Lili Nur, Cinta di Rumah Hasan al-Banna, Jakarta: Pustaka Da'watuna, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Islam STAI Yastis Padang telah terdaftar/terindeksasi pada :