METODE PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI (STUDI KASUS SDIT ADZKIA PADANG)

Sri Wahyuni

Abstract


Dalam Islam, pendidikan karakter itu sendiri bersumber dari al-Qurân dan as-Sunnah. Setiap ajaran yang terdapat dalam Islam pada prinsipnya untuk kesempuranaan akhlak seseorang. Bukan hanya sekedar teori tetapi figure Nabi Muhammad SAW tampil sebagai (uswatun hasanah) ataua suri tauladan. Maka sudah sepatutnyalah setiap pengajaran yang diberikan selalu dikaitkan dengan ibadah anak. Perlu perencanaan, pembiasaan, pengulangan, dan pengawasan dilakukan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan diharapkan mampu memberikan kegiatan yang menunjang pembentukan karakter tersebut. Sehingga tidak lagi hanya sebatas knowledge saja, tetapi anak juga cakap dalam bertingkah laku Sekolah Dasar Islam Terpadi (SDIT) hadir sebagai Pembelajaran terpadu yang memperhatikan kebutuhan siswa dengan perkembangan yang holistik dengan melibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran baik fisik maupun emosionalnya. SDIT Adzkia mengembangkan sistem fulldays School, dengan memakai keterpaduan kurikulum umum dengan agama. Setia kegiatan yang dilakukan selalu dikaitkan dengan pengetahuan dan keyakinan beragama anak. Tidak hanya dalam tingkah laku setiap materi umum yang diberikan disekolah selalu dikaitkan dengan pemahaman agama anak. Sehingga dengan kegiatan yang dilakukan di sekolah ini diharapkan karakter Islami yang diharapkan dapat tercapai.


Keywords


Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi, Psikologi Perkembangan, Jakarta : Rineka Cipta, 1991

Abu Ahmadi dan Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 1991

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Gaya Media Pratama, 2005

----------------, Perspektif Islam tentang Pola hubungan Guru Murid,

Jakarta :Raja Grafindo Persada, 2001

Agus Wibowo, Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012

Dharma Kesuma dkk, Pendidikan Karakter, Kajian Teori Pendidikan Praktik di Sekolah, Bandung: Rosda Karya, 2012

Elizabet B Hurlock, Developmental Psycology, terj. Istiwidayanti & Soedjarwo, Psikologi Perkembangan, Jakarta : Erlangga, 1998

http://www.Psychology Tarbiyah.co.id

http://www. SDIT Adzkia.co.id

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2004

JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu), Sekolah Islam Terpadu Konsep dan aplikasinya, Jakarta : JSIT, 2006

Lyen kennet, dkk, Pendidikan Moral Anak, Yogyakarata : Indek Kelompok Media, 2003

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : Rineka Cipta, 1993


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Islam STAI Yastis Padang telah terdaftar/terindeksasi pada :